Tips Sebelum Hadapi Pertandingan Sepakbola.

Tips Persiapan Sebelum Pertandingan Sepak Bola.

Apa yang seharusnya dilakukan ketika akan melakoni sebuah pertandingan sepak bola atau Futsal, apakah istirahat total tanpa melakukan aktivitas dengan tujuan untuk menyimpan energi saat pertandingan?ataukah melakukan latihan berat lagi supaya percaya diri saat pertandingan?

Beberapa hal yang mungkin bisa anda terapkan ketika akan melakoni pertandingan sepak bola, Berikut  yang perlu Anda perhatikan Sebagai Pelatih, Pemain atau Orang tua anak SSB:

1. Perhatikan makan sebelum bertanding.
Hindari makan-makanan berat 3 jam sebelum bertanding. Pengalaman  makan pada waktu-waktu tersebut menyulitkan gerak dalam permainan. Selain perut panas, rasanya tak punya energi seperti biasanya. Seolah tenaga terkuras semua untuk pencernaan,

2. Jika harus makan, konsumsi buah yang mengenyangkan seperti pisang dan apel.
Perlu anda ketahui bahwa buah pisang banyak mengandung vitamin B6 yang penting untuk membuat protein, protein tersebut menjaga fungsi tubuh, kesehatan sistem syaraf, dan kekebalan tubuh. Pisang juga merupakan sumber folat, kalium, magnesium, dan vitamin C yang berguna untuk menjaga performa atlet agar tetap berada pada puncaknya.

3. Hindari minuman berenergi.
Jangan tertipu dengan iklan yang mungkin sering anda lihat, minuman berenergi biasanya memiliki kadar kafein tinggi. karena yang akan anda rasakan bukannya malah berenergi, jantung malah berdegup lebih keras dan tubuh cepat lelah. Hal yang sama berlaku untuk kopi. Kalau bisa minuman Protein Tinggi Susu Kedelai.

4. Lakukan pemanasan 1 jam sebelumnya.
Jika anda akan melakoni pertandingan, lakukanlah pemanasan (maksimal 1 jam) sebelum anda bertanding, hal ini sangat berguna untuk menyiapkan otot-otot anda saat bertanding nanti, mulai dari jogging (5 menit) stretching (5Menit), usahakan sampai anda benar-benar panas dan terulur semua bagian-bagian otot yang ada pada tubuh anda.  lakukan pemanasan ringan dan anda/team siap untuk melakoni petandingan.

Yang tidak kalah penting sebelum anda melakoni sebuah pertandingan adalah PERSIAPAN MENTAL
Secara bahasa mental berarti batin atau jiwa. Dalam olahraga kaitannya sangat erat dengan kemampuan berpikir dalam pertandingan. (Makanya ada istilah orang yang kelainan mental dikarenakan telah rusak kapasitas otaknya). Dan yang perlu anda perhatikan adalah : 
1. Lakukan persiapan fisik dengan benar, karena turut mempengaruhi mental. 
2. 1 jam sebelum Anda benar-benar masuk lapangan (setelah melakukan pemanasan seperti di atas, ALIHKAN PIKIRAN dari sepak bola.
Mengapa demikian? Saat Anda membayangkan permainan sebelum pertandingan sesungguhnya, otak akan melakukan simulasi yang melibatkan syaraf-syaraf tubuh.

Otak menganggapnya peristiwa sungguhan. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian ilmiah (Physical Intelligence, Tony Buzan). Artinya apa? OTAK AKAN KELELAHAN DI SAAT MULAI PERTANDINGAN! Maka jangan heran, orang yang terlalu bersemangat sebelum masuk lapangan, membayangkan dirinya bermain berjam-jam sebelumnya, tiba-tiba mengalami sindrom ‘amnesia’ di lapangan. Apa yang dibayangkan sebelumnya malah tidak keluar semua. 

3. Jaga sikap tubuh selama pertandingan setegap mungkin. Pelajari area lapangan
Pemain yang menunduk lebih mudah kehilangan ketenangan dikarenakan tidak
dapat memantau situasi dan kondisi lapangan yang sebenarnya.

Hal yang bisa anda lakukan untuk mengalihkan pikiran (relaksasi pikiran) anda sejenak sebelum pertandingan adalah:

  1. Mendengarkan musik, ini biasanya yang sering dilakukan oleh pemain-pemain sepak bola Eropa.
  2.  Melihat pemandangan yang menentramkan hati, bisa lihat macam2 dalam area lapangan.
  3.  Mengobrol dengan teman-teman tanpa bicara bola atau bicara tentang team lawan
  4. yang penting semua hal yang bisa mengalihkan anda sejenak dari pertandingan ( Main Hp, Ipad/Game).
  5. Bawa mainan seperti Puzzle, Catur, Kartu Uno buat anak2 ssb untuk menunggu tiap Pertandingan yang akan di hadapinya.
  6. Bagi SSB Pelatih atau Orang tua, Tiap akan memulai pertandingan kasih semangat. Dan yang terpenting Doa Bersama.

 

Semoga bermanfaat.

adv

www.biayaumrah.com

https://youtu.be/exQsV0tO9B8

www.servicerumah.com