Istilah Dalam Sepakbola

BACK HEEL

Back heel adalah trik menendang dalam sepakbola yaitu menendang dengan menggunakan tumit kaki. Trik ini cukup ampuh untuk mengelabui musuh.

 

BACK PASS

Umpan pemain ke arah penjaga gawang sebagai upaya untuk mengamankan wilayah pertahanan.

 

BALL POSSESION

Yaitu istilah untuk penguasaan bola, artinya berapa lama waktu atau prosentase bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dari sebuah klub dalam sebuah pertandingan.

 

BICYCLE KICK

Tendangan akrobatik ke gawang lawan untuk menyambut umpan silang dengan cara melompat membelakangi gawang sambil menendang bola dilewatkan kepala penendang (tendangan salto).

 

CLEARING

Menghalau bola di daerah pertahanan sejauh mungkin ke arah depan.

 

COUNTER ATTACK

Serangan balik.

 

DIVING

Pemain yang sengaja menjatuhkan diri, seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan, dengan harapan akan mendapat pelanggaran berupa seperti tendangan bebas atau pinalti.

 

DRIBBLING

Teknik menggiring (membawa) bola.

 

SCUDETTO

Adalah gelar untuk klub juara kompetisi Serie A Liga Italia.

 

PARKIR BUS

Adalah strategi menumpuk pemain di area bertahan dan biasanya hanya menyisahkan 1 pemain depan, contohnya strategi Chelsea saat menghadapi Barcelona di Liga Champion beberapa waktu yang lalu.

 

HANDSBALL

Pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan. Penjaga gawang juga akan dinyatakan handsball jika menyentuh bola di luar daerah pinalti.

 

HOME AND AWAY

Home artinya bermain di kandang sendiri dan away bermain di kandang lawan.

 

INTERCEPT

Biasanya disebut cara untuk memotong umpan lawan.

 

OFFSIDE

Artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan sebelum bola diumpan oleh rekannya. Faktor yang dapat menggagalkan pemain terkena offside walaupun berada pada daerah offside dengan tidak mengambil bola atau tidak aktif dan saat teman mengoper, berdiri di luar lapangan (jika berada di luar lapangan, dianggap tidak aktif) dan masuk ke dalam lapangan mengejar bola. Jika pemain melanggar offside, team bertahan pada perumpamaan di atas akan mendapatkan tendangan bebas tetap di tempat kejadian.

 

OVERLAP

Istilah yang biasanya digunakan untuk penyerang sayap, yaitu ketika seorang pemain bertahan membantu penyerangan.

 

PENJAGA GAWANG (GOALKEEPER)

Pemain yang bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan oleh tim lawan. Pemain ini diperbolehkan menggunakan tangan kecuali di luar kotak pinalti.

 

BEK (DEFENDER)

Pemain belakang yang bertugas menjaga daerah pertahanan sendiri agar lawan tidak bisa membobol gawang yang dijaga oleh penjaga gawang.

 

BEK SAYAP (WING BACK)

Pemain belakang yang bertugas menjaga daerah pertahanan sendiri di sisi (pinggir) lapangan. Seorang bek sayap biasanya melakukan improvisasi ikut membantu serangan menyisir sisi lapangan.

 

GELANDANG (MIDFIELDERS)

Pemain tengah yang mempunyai tugas sebagai penyeimbang. Artinya gelandang mempunyai tugas ganda, yaitu saat sebuah tim mengawali serangan, seorang gelandang adalah sebagai penyambung bola dari bek untuk diarahkan ke penyerang, sedangkan waktu diserang seorang gelandang adalah orang pertama yang harus merebut bola dari kaki lawan, sebelum bek.

 

GELANDANG BERTAHAN

Pemain tengah yang mempunyai tugas sebagai penyeimbang dan membantu pertahanan, artinya seorang gelandang bertahan bertugas merebut bola dari kaki lawan, sebelum bek.

 

GELANDANG SERANG

Pemain tengah yang mempunyai tugas sebagai penyeimbang dan membantu serangan. Artinya seorang gelandang serang bertugas memberikan umpan kepada penyerang atau juga bisa melakukan pergerakan-pergerakan tanpa/dengan bola memasuki daerah pertahanan lawan dengan tujuan untuk mengacaukan pertahanan lawan dan mencetak gol.

 

PENYERANG (STRIKER)

Pemain depan yang bertugas mencetak gol ke gawang lawan.

 

PENYERANG LUBANG (SECOND STRIKER)

Penyerang ini sedikit berbeda dengan penyerang pada umumnya, dia lebih bertugas untuk mengacak-acak pertahanan lawan, tapi dia juga sama bertugas mencetak gol.

 

WASIT

Pemimpin jalannya pertandingan sepakbola. Mereka adalah orang yang memiliki kuasa untuk mengatur jalannya pertandingan. Mereka juga sekaligus sebagai pengadil di lapangan bagi kedua tim yang bertanding. Biasanya dalam satu pertandingan ada 4 wasit yang bertugas. Wasit utama, wasit cadangan, dan 2 asisten wasit (hakim garis). Wasit utama adalah wasit yang sudah ditentukan untuk memimpim jalannya pertandingan. Wasit cadangan merupakan wasit yang bertugas mengontrol jalannya pertandingan dari sisi lapangan dan juga sebagai cadangan apabila wasit utama tidak mampu bekerja. 2 asisten wasit atau biasa disebut hakim garis adalah wasit yang bekerja di sisi kanan-kiri lapangan dan memegang bendera. Mereka bertugas untuk memantau apakah bola keluar lapangan, menunjukkan posisi offside, atau memberitahukan wasit utama apabila terjadi pelanggaran yang tidak terlihat wasit utama.

 

ASSISTAN WASIT

Asisten wasit (sebelumnya dikenal dengan nama hakim garis) pada sepakbola merupakan asisten dari kinerja wasit di lapangan. Seluruh keputusan wasit harus didiskusikan terlebih dahulu dengannya. Asisten wasit berjumlah 2 orang di setiap pertandingan.

 

COACH

Pelatih atau di Inggris disebut manager, mengatur taktik dan strategi pemain. Mereka adalah peracik dan pengatur permainan suatu tim dari sisi lapangan. Baik buruknya permainan tim salah satunya ditentukan oleh kejelian sang pelatih dalam menerapkan strategi permainannya ketika menghadapi lawan.

 

RED/YELLOW CARD

Dalam sepakbola, kartu merah menandakan pelanggaran berat dan akibatnya adalah pengusiran terhadap seorang pemain keluar lapangan. Kartu kuning menandakan pelanggaran yang masih bisa ditolelir (professional foul) dan apabila mendapatkan kartu kuning kedua maka akan mendapat kartu merah.

 

NUTMEG

Adalah operan bola yang melewati kedua belah kaki lawan.

 

PEDALADA

Teknik menggerakkan kaki menari-nari di atas bola seperti mengayuh sepeda untuk menipu lawan, atau kata lain disebut goyang samba.

 

PERTANDINGAN DERBY

Adalah pertandingan antara tim sepakbola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.

 

RABONA

Rabona atau laboona adalah teknik dalam menendang bola dimana kaki yang dipakai untuk menendang bola disilangkan di belakang kaki tumpuan.

 

ASSIST

Pemain yang telah berjasa memberikan umpan kepada kawannya sehingga berbuah gol.

 

ROULETTE

Roulette artinya berputar. Teknik mendribling bola dengan memutar badan sambil bergerak di atas bola.

 

SILVER GOAL

Ialah istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan dihentikan pada saat jeda babak perpanjangan terdekat berakhir. Jika goal terjadi di masa perpanjangan pertama, maka pertandingan selesai setelah isitirahat babak tersebut berakhir.

 

GOLDEN GOAL

Istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan langsung dihentikan.

 

SOMBRERO

Sombrero artinya sejenis topi. Teknik mengecoh lawan ini dilakukan dengan mencungkil bola melewati kepala lawan lalu pemain berlari mengejar bola tersebut.

 

CHIP BALL

Istilah chip ball adalah mencungkil bola untuk mengoper atau menciptakan goal dengan ujung kaki seperti yang sering dilakukan oleh Lionel Messi ketika membobol gawang lawanya.

 

SUICIDE GOAL (OWN GOAL)

Gol yang dilakukan ke gawang sendiri (gol bunuh diri).

 

TENDANGAN FIRST TIME

Tendangan yang dilakukan langsung ke arah gawang (sentuhan pertama dan tanpa kontrol) setelah menerima umpan dari teman atau bola muntah.

 

TENDANGAN GAWANG

Tendangan yang dilakukan dari daerah gawang sebagai akibat keluarnya bola melewati garis gawang, dimana sentuhan terakhir dilakukan oleh pemain penyerang.

 

TENDANGAN PINALTI

Tendangan yang dilakukan dari titik pinalti di dalam daerah pinalti, dengan jarak 11 meter dari gawang. Tendangan ini terjadi karena terjadi pelanggaran dikotak pinalti oleh tim bertahan.

 

TENDANGAN SUDUT

Tendangan dari daerah sudut lapangan karena bola melewati garis gawang setelah menyentuh pemain bertahan.

 

TENDANGAN VOLI

Tendangan voli adalah tendangan oleh pemain yang menendang bola hasil umpan lambung tanpa menunggu bola menyentuh tanah.

 

TOP SCORER

Pemain yang paling banyak mencetak gol dalam suatu liga/kompetisi.

 

TOTAL FOOTBALL

Sistim permainan yang dikembangkan Belanda dengan melakukan serangan secara simultan ke arah gawang lawan oleh semua pemain, selain penjaga gawang.

 

PRESSING

Pressing adalah suatu cara yang dilakukan oleh pemain atau sebuah tim untuk menekan penguasaan bola dari lawan. Dalam artian tidak memberikan celah sedikitpun bagi lawan untuk menyerang.

 

JUGGLING

Ini merupakan sebutan untuk proses mengangkat bola dengan kaki, sama halnya dengan takraw, bola dalam juggling dimainkan di kaki oleh satu atau banyak orang dengan mengangkat bola berkali-kali.

 

FREE KICK

Yaitu sebutan untuk tendangan bebas. Tendangan bebas terjadi jika seorang pemain dilanggar oleh lawannya di luar kotak penalti.

 

FAIR PLAY

Fair play merupakan peraturan yang diberlakukan oleh FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) dalam rangka menciptakan permainan yang adil dalam sepakbola. Slogannya adalah “my game is fair play”, yang biasanya sering kita lihat jika pertandingan resmi akan segera dimulai.

 

HEADING

Heading adalah sebutan untuk meyundul bola.

 

AGREGAT

Jumlah skor setelah bertanding antar kandang dan tandang, misalnya pada leg-1 Chelsea menang 1-0 atas Barcelona. Dan pada leg ke-2 Chelsea kalah 0-3, berarti agregat dari pertandingan tersebut adalah 1-3 untuk kemenangan Barca.

 

BLUNDER

Istilah bagi pemain yang melakukan kesalahan, seperti kiper yang gagal dalam menangkap bola dengan sempurna sehingga mengakibatkan gawangnya kebobolan.

 

KICKOFF

Awal atau dimulainya sebuah pertandingan.

 

HATTRICK

Pemain yang mencetak 3 gol dalam satu pertandingan.

 

QUATTRICK

Pemain yang mencetak 4 gol dalam satu pertandingan.

 

BOXING DAY

Pertandingan di Liga Premier Inggris yang digelar satu hari setelah Hari Natal (25 Desember).

 

PERTANDINGAN DERBY

Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim sepakbola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.

Contoh pertandingan derby :

Derby Della Madonnina : AC Milan VS Inter Milan

Derby Della Capitale : AS Roma VS SS Lazio

Derby Della Mole : Juventus VS Torino FC

Derby D’italia : Juventus VS Inter Milan

Derby Of Manchester : Manchester United FC VS Manchester City FC

Derby Of Great London : Arsenal FC VS Chelsea FC

Derby Of Merseyside : Liverpool FC VS Everton FC

North-West Derby : Manchester United FC VS Liverpool FC

Derby Of Manchester: Manchester United FC VS Manchester City FC North

London Derby : Arsenal FC VS Tottenham Hotspur

El Clásico : Real Madrid VS FC Barcelona

Madrid Derby : Real Madrid VS Atlético Madrid

El Derbi Barceloní/Derby Catalan : Fc Barcelona VS RCD Espanyol

 

EL PICHICHI

Istilah ini adalah sebutan untuk topskorer di Liga Spanyol. Tapi istilah ini bukan berasal dari Bahasa Spanyol. Istilah ini diambil dari julukan pemain Athletic Bilbao, Rafael “Pichichi” Moreno.

 

TREQUARTISTA

Istilah dalam Bahasa Italia untuk penyerang lubang, yaitu pemain yang berada tepat di belakang dua penyerang murni. Maksudnya adalah pemain yang beroperasi di wilayah tiga perempat lapangan, alias di daerah pertahanan lawan. Inilah pemain yang dianggap otak dari segala serangan. Contoh Kaka, Pirlo, Xavi pemain ini bermain tepat berada di antara gelandang dan striker. Posisinya yang menggantung membuatnya bebas bergerak ke manapun. Dalam istilah Inggris dikenal dengan sebutan The Phantom.

 

ESPULSO

Istilah untuk kartu merah dalam bahasa Italia.

 

CAPOCANONIERI

Adalah sebutan untuk pencetak gol terbanyak di kompetisi Serie A Liga Italia.

 

CAPOLISTA

Istilah untuk klub pemuncak klasemen sementara di Liga Calcio Italia.

 

STARTING ELEVEN

Istilah untuk 11 pemain utama yang mengisi sebuah tim sepakbola dan dimainkan sejak menit pertama.

 

TREBLE WINNER

Istilah untuk klub pemenang tiga piala dalam tiga kejuaraan yang berbeda dalam satu musim kompetisi.

 

SOLO RUN

Aksi menggiring bola sendirian menuju kotak penalti lawan.

 

ZAMORA TROPHY

Adalah tropi untuk kiper di LA Liga Spanyol yang memegang rekor paling sedikit kebobolan dalam satu musim kompetisi.

 

INJURY TIME

Adalah waktu tambahan yang sedang berjalan (menit-menit akhir).

 

ADD TIME

Tambahan waktu.

 

ET (EXTRA TIME)

Babak tambahan yang diberikan apabila kepada dua tim yang bermain imbang karena dalam sebuah laga tersebut salah satu tim diwajibkan untuk menang.

 

FT (FULL TIME)

Adalah akhir dari sebuah pertandingan/waktu pertandingan telah habis.

 

HT (HALF TIME)

Adalah pertengahan pertandingan atau waktu jeda/istirahat pada sepakbola, ketika babak pertama habis dan kemudian akan dilanjutkan ke babak kedua.

 

BIG MATCH

Adalah pertandingan yang mempertemukan dua klub besar atau klub yang mempunyai rivalitas tinggi misalnya: FC Barcelona VS Real Madrid/Persib VS Persija.

 

ADU PINALTI

Tendangan pinalti yang dilakukan setelah pertandingan berakhir imbang dan telah melalui babak extra time, biasanya dilakukan oleh 5 orang penendang dari masing-masing tim.

 

INDIRECT FREE KICK

Free kick di dalam kotak penalti akan diberikan kepada lawan, jika kiper melakukan pelanggaran sebagai berikut :

- mengontrol bola menggunakan tangan lebih dari enam detik sebelum mengopernya ke pemain lain.

- menyentuh bola dengan tangan setelah bola lepas dari penguasaannya dan belum menyentuh pemain lain.

- menerima backpass dari teman satu team menggunakan tangan.

- menerima operan dengan tangan yang berasal dari lemparan ke dalam dari teman satu team.

 

THROW IN

Adalah lemparan ke dalam lapangan setelah bola keluar di sebelah kanan atau kiri lapangan.

 

PASSING

Umpan datar.

 

CROSSING

Umpan silang/umpan lambung.

 

MAN TO MAN MARKING

Penjagaan satu lawan satu.

 

DEFFENSIVE

Bertahan.

 

OFFENSIVE

Menyerang.

 

ONE-TWO PASSING

Umpan balik dari kaki ke kaki.

 

PLAY ON

Merupakan istilah untuk kejadian pada saat pemain yang sedang menyerang dilanggar oleh pemain lawan tetapi permainan tidak dihentikan oleh wasit karena menguntungkan serangan tim tersebut. Pada play on, wasit juga berhak memberikan kartu kepada pelanggar ketika bola sudah keluar lapangan.

INTERMEDIARIES (MATCH AGENT)

Pihak perantara pertandingan persahabatan antar klub dan negara di bawah FIFA yang mana hasil pertandingan tersebut untuk memperbarui ranking negara tersebut dalam ranking FIFA. Intermediaries ada di setiap negara anggota FIFA dan bersertifikat langsung dari FIFA.